Rabu, 30 November 2011

ISOLASI ANTOSIANIN DENGAN KROMATOGRAFI KERTAS

 
ISOLASI ANTOSIANIN DENGAN KROMATOGRAFI KERTAS

PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK LANJUT

UIN MMI colour.jpg

JURUSAN KIMIA
FAKULTAS SIANS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM
MALANG
2011
  ABSTRAK
Telah dilakukan praktikum Isolasi Antosianin dengan Kromatografi Kertas, di Laboratorium Kimia Organik Fisik Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim pada tanggal 4-15 April 2011.  Stroberi (Fragaria x annanasa) adalah salah satu tumbuhan yang mengandung senyawa antosianin. Tujuan dari praktikum ini adalah mempelajari metode isolasi antosianin dengan menggunakan kromatografi kertas. Ekstraksi pigmen antosianin dilakukan dengan maserasi menggunakan methanol 9 ml dan asam klorida 1 % 1 ml, pemurnian ekstraksi antosianin dilakukan dengan menggunakan kromatografi kertas dan penentuan panjang gelombang maksimum dari ekstraksi antosianin menggunakan UV-VIS.Hasil dari praktikum ini pelarut kromatografi kertas yang baik adalah asam asetat glacial, aquades dan asam klorida 30 % dengan komposisi (30:10:3) dan hasil identifikasi ekstraksi antosianin berada pada panjang gelombang 262,0 nm.
Keywords: stroberi, senyawa antosianin, ekstraksi, kromatografi kertas, UV-VIS










ABSTRACT
Anthocyanins isolation has been carried out practical work with Paper Chromatography, in Physical Organic Chemistry Laboratory of the State Islamic University Maulana Malik Ibrahim on April 4-15 2011. Strawberry (Fragaria x annanasa) is one of plants that contain anthocyanin pigment. The purpose of this research is to study method isolation anthocyanin with paper chromatography. Extraction anthocyanin pigmen was done with maceration using methanol 9 ml and acid cloride solvent 1 % 1 ml, purification of anthocyanin extraction with paper chromatography and determination of maximum wavelenght from result anthocyanin extraction with UV-VIS. The result of this research were the best solvent paper chromatography is glacial acetat acid, aquades dan cloride acid 30 % with comporation (30:10:3). Identification from result of anthocyanin extraction absorted of maximum wavelenght 262,0 nm.
Keywords: strawberry, anthocyanin pigment, extraction, paper chromatography, UV-VIS







BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Keanekaragaman hayati Indonesia sangatlah meruah. Berbagai jenis tumbuhan dapat tumbuh subur di daerah yang beriklim tropis ini. Selama ini belum banyak diketahui kandungan senyawa yang terdapat dalam tumbuhan. Berbagai penelitian telah dilakukan guna mengetahui kandungan senyawa suatu yang tumbuhan.
Tumbuh-tumbuhan yang memiliki warna khas seperti warna merah pada buah stroberi (Fragaria chiloensis L) bisa dipastikan terdapat senyawa antosianin yang merupakan golongan flavonoid.
Antosianin merupakan pewarna yang paling penting dan tersebar luas dalam tumbuhan. Pigmen yang bewarna kuat dan larut dalam air ini adalah penyebab hampir semua warna merah, ungu, dan biru dalam daun, bunga, serta buah pada tumbuhan tingkat tinggi.
Antosianin adalah senyawa polifenol yang tersusun atas glikosida antosianidin, yang merupakan garam flavilum tersubtitusi dan memiliki sejumlah gugus hidroksil bebas dan gugus hidroksi konventilasi yang berada pada posisi atom karbon yang berbeda.
Pada penelitian Tensiskah dan Natalia (2003) menyebutkan bahwa proses ekstraksi pigmen alami pada buah arben dengan menggunakan etanol dan etil asetat menghasilkan total antosianin yang sangat kecil. Hal ini mungkin disebabkan karena etanol dan etil asetat tidak memiliki kepolaran yang sama dengan polaritas pigmen antosianin buah arben. Pelarut organik yang menghasilkan ekstrak pigmen buah arben tertinggi adalah akuades. Hal ini mungkin disebabkan karena pigmen antosianin memiliki kepolaran yang relatif sama dengan akuades yaitu sama-sama polar.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jenis pelarut yang tepat dalam proses ekstraksi dan isolasi senyawa antosianin pada buah stroberi, serta mengetahui jenis antosianin yang terdapat dalam buah stroberi.


1.2    Rumusan Masalah
1.2.1            Apakah jenis pelarut terbaik untuk pemisahan antosianin pada buah stroberi menggunakan kromatografi kertas kualitatif?
1.2.2            Apakah jenis antosianin yang terdapat dalam buah stroberi dengan identifikasi menggunakan spektrofotometer Uv-Vis ?

1.3    Tujuan
1.3.1            Mengetahui pelarut terbaik yang digunakan untuk mengisolasi antosianain dari bah stroberi menggunakan kromatografi kertas kualitatif.
1.3.2            Mengetahui jenis antosianin yang terdapat dalam buah stroberi menggunakan spektrofotometer Uv-Vis

1.4    Batasan Masalah
1.4.1            Buah stroberi yang digunakan sebagai sampel berasal dari salah satu pasar yang ada di kota Malang
1.4.2            Metode yang digunakan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi adalah kromatografi kertas dan spektrofotometer UV-Vis

1.5    Manfaat Praktikum
1.5.1       Memberikan wawasan tentang metode isolasi dan identifikasi antosianin dari buah stroberi.
1.5.2       Memberikan informasi ilmiah tentang metode isolasi dan identifikasi antosianin dari stroberi untuk studi lebih lanjut.
1.5.3    Memberikan informasi ilmiah kepada masyarakat bahwa stroberi mengandung senyawa antosianin yang dapat beranfaat sebagai antioksidan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar