Kamis, 10 November 2011

Ruang lingkup Studi Teologi Islam

Teologi Islam sebagai sebuah disipliplin ilmu, mempunyai objek sendiri yang membedakannya dari bidang ilmu lainnya. Objek kajiannya yaitu ketuhanan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan-Nya. Berkenaan dengan itu, maka teologi Islam membicarakan keyakinan kebenaran terhadap pengakuan eksistensi Tuhan beserta sifat-sifat-Nya dan segala sesuatu yang berhubungan dengan-Nya, bukan mencari kebenaran terhadap agama Islam.
Aspek poko dalam kajian ilmu teologi Islam adalah keyakinan akan eksistennsi Allah yang maha sempurna, maha kuasa dan memiliki sifat-sifat kesempurnaan lainnya. karena itu pula ruang lingkup pembahasan yang pokok adalah:
  1. Hal-hal yang berhubungan dengan Allah SWT atau yang sering disebut dengan istilah Mabda. Dalam bagian ini termasuk Tuhan dan hubungan-Nya dengan alam semesta dan manusia.
  2. Hal-hal yang berhubungan dengan utusan Allah, sebagai perantara antara manusia dan Allah atau disebut juga washilah meliputi : Malaikat, Nabi/ Rasul dan Kitab-kitab Suci.
  3. Hal-hal yang berhubungan dengan sam'iyyat (sesuatu yang diperoleh melalui sumber yang meyakinkan, yakni al-Qur'an dan Hadits, misalnya tentang alam kubur, alam akhirat, arsy', lauhil mahfud, dll)
Refrensi:

Penulis :  Sarkowi, SPdI, MA,
Judul   : Teologi Islam Klasik,
Penerbit:  Resist Literacy, Malang 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar